Seindah- indah permulaan adalah dengan basmalah. Seindah indah pertemuan adalah yang mengucapkan salam.

Bismillahirrahmanirrahim, Assalamualaikum wr.wb.

Ketemu lagi di blog saya, well today saya mau ngebahas tentang blogging.

Blogging, yap, ngeblog adalah salah satu cara yang bisa kita gunakan untuk berbagi. Sama halnya dengan yang dilakukan Mbak Ani Berta, salah satu blogger yang terbilang sudah sukses. Blogging dijadikannya hobi, sarana untuk berbagi informasi dan kini berbagi ilmu pula.

repzoneid-1500281681443

Berbagi ilmu? Ya. Minggu, 16 Juli 2017 komunitas ISB (Indonesian Social Blogpreneur) bekerjasama dengan Repzoneid mengadakan worksop “Blogging: Hobi dan Profesi” dengan narasumber Mbak Ani Berta, founder ISB. dalam workshop ini, Mba Ani berbagi ilmunya mengenai blogging, salah satunya menjadikan hobi-blogging sebagai profesi.

Selain sebagai wadah berbagi, hobi ngeblog juga bisa kamu jadikan sarana pengumpul pundi-pundi rupiah. Pasti happy dong, melakukan hal yang menjadi hobi kita plus dapat bonus menghasilkan uang. Sekarang yang terbersit dalam benak teman-teman pasti adalah “Gimana dong caranya menghasilkan rupiah dari ngeblog?” Hal yang pertama harus dilakukan adalah membuat blog.

Well selanjutnya kalau teman sekalian sudah memiliki blog, teman-teman harus rutin meng-update tulisan, minimal seminggu sekali lah. Setelah menulis jangan lupa share tulisan di social media, seperti google +, facebook, twitter, instagram, path, linkind, atau apapun yang kalian punya. Dengan membagikan link tulisan, kemungkinan blog kita dikunjungi akan semakin banyak.

Untuk menambah banyak pembaca, jangan lupa melakukan networking. How do we do networking? Bisa dengan pertemuan, misalnya menghadiri event, workshop, dan talkshow. Sselain itu, networking juga bisa dilakukan dengan saling mengunjungi blog orang lain. Membangun nama merupakan langkah awal yang baik.

Dengan semua hal yang sudah teman-teman bangun untuk blog kalian, di sinilah lihat celah atau peluang dari blogging. Teman-teman  bisa menjadi content writer, dengan networking yang telah dilakukan tadi. Karena jika banyak pembaca yang sudah mengetahui tulisan teman-teman, kalian pasti akan dapa tawaran (projek) nulis -yang kali ini berbayar.

Selain menjadi content writer, teman-teman bisa menjadi copy writer dan book writer. See, kesempatan akan terbuka lebar. But ya teman-teman harus konsisten dalam menulis dan pastinya menambah kualitas tulisan. Artikel yang sifatnya copy-paste harus dihiindari. plagiasi jangan coba-coba ditanam dalam diri deh, okaay. Teman-teman juga harus jadi diri kalian sendiri, yah you know, everyone loves orisinalitas.

Untuk konten blog, sebaiknya satu tema saja, emm, membantu kalian fokus. Tetapi kalaupun belum nemuin passionnya mau nulis dibidang apa, perbanyak tulisan-tulisan yang kalian sukai, take more parts for those you like. Ini juga bagian dari ilmu yang saya dapat dari menghadiri workshop di Gedung Republika 16 Juli 2017 kemarin.

Ilmu itu mahal, ya ngga guys. Dan mba Ani Berta, founder komunitas sosial blogpreneur ini membaginya cuma-cuma kepada kita. Such an inspiration. Gimana? Siap berkarya? Siap jadi the next inspiration?

Ayo mulai nulis!

repzoneid-1500281725184(1)
workshop photo session

 

Advertisements