Sebagai mahasiswa pendidikan,pastinya author tidak jauh-jauh dari konteks anak. Autrhor juga pernah mengajar di sekolah maupun privat. Oia, buat yang kepo, author ambil kuliah jurusan Pendidikan Matematika. Kalau Moms mau ngeprivatin anaknya sama author, boleh banget ya.. kontak aja wkwk malah promo. Oke balik lagi ke topik. Dalam mengajar, sebagai pengajar tentu kita memperhatikan kemampuan anak. Baik itu kognisi maupun afeksinya.

Namun dari beberapa obrolan dengan orang tua murid, mereka ingin anak mereka “mampu” atau lebih baik di bidang kognisi. Yang mana para orang tua ingin anaknya pintar. Jadi moms, selain anak memang harus dibiasakan rajin belajar, makanan yang diberikan juga harus mengandung nutrisi.

Apakah moms tahu kalau ternyata penyebab malas adalah gangguan di otak? Mengutip pada hallosehat.com, dikatakan bahwa ketika orang memutuskan untuk melakukan sesuatu, korteks pra-motor pada otaknya cenderung menyala sesaat sebelum titik lain di otak yang mengendalikan gerakan menjadi aktif.

Namun pada orang yang malas, korteks pra-motor ini justru tidak menyala karena koneksinya terputus. Peneliti menduga bahwa koneksi otak yang menghubungkan “keputusan untuk melakukan sesuatu” menjadi tindakan nyata menjadi kurang efektif pada orang yang malas.

Nah, moms dan calon moms harus memperhatikan asupan makanan maupun nutrisi bagi anak yah. Nutrisi yang dibutuhkan anak yakni seperti vitamin B1, vitamin B6, vitamin B12, omega 3, asam folat, anti oksidan, dan masih banyaklagi. Jadi, kandungan nutrisi ini terdapat di makanan apa saja?

  1. Vitamin B1 terdapat pada kacang-kacangan, daging, dan biji sereal. Moms, vitamin B1 ini berperan penting dalam menghantar impuls sel saraf. Kekurangan vitamin B1 dapat mempengaruhi kondisi mental anak.
  2. Vitamin B6 terdapat pada kangkung, kembang Kol, Lobak, Sawi, tuna, dan bawang putih.
  3. Vitamin B12 terdapat pada daging sapi, domba, ikan, ungags, dan telur. Vitamin B12 ini membantu melindungi otak dari kerusakan saraf.
  4. Lemak asam omega -3 dapat ditemukan dalam ikan-kan. Seperti sarden, salmo, dan makarel. Omega -3 dapat membantu meningkatkan kemampuan mengingat anak loh moms.
  5. Asam folat terdapat pada sayuran hijau, kacang-kacangan, buah-buahan, dan sereal gandum. Kekurangan asam folat dapat menurunkan kemampuan daya ingat dan fokus loh moms.
  6. Anti Oksidan dapat ditemukan pada sayur bayam dan brokoli. Selain anti oksidan, bayam dan brokoli juga mengandung vitamin c dan beta karoten.
  7. Vitamin E dapat ditemukan pada kacang Almond, hazelnut, tepung gandum, minyak jagung, dan sayuran hijau.
  8. Vitamin C dapat ditemukan dalam buah-buahan. Namun selain buah, vitmin c juga dapat ditemukan pada sayur. Contohnya brokoli, jeruk, dan stroberi. Moms, vitamin c merupakan antioksidan penting yang dapat melindungi otak dari radikal bebas.

Nah itu dia moms beberapa makanan dan kandungan nutrisi yang dapat membantu perkembangan otak atau kecerdasan anak. Lebih baik lagi jika moms memperhatikan gizi ini dari si anak sejak dalam kandungan.

Selain beberapa kandungan gizi di atas, ada beberapa nutrisi lain yang juga dibutuhkan oleh anak. Nutrisi tersebut yakni asam folat, yodium, zat besi, AA, DHA dan asam amino lainnya.

AA dan DHA merupakan golongan asam lemak esensial yang dapat ditemukan di dalam ASI. Maka penting sekali untuk memberi ASI pada bayi. Kalau anak sudah beranjak besar, maka moms bisa beri pengganti ASI yakni susu yang mengandung AA dan DHA. Atau selain susu,  AA dan DHA juga dapat ditemukan dalam ikan tuna, salmon, sarden, daging, dan telur.

Ada pula zat besi yang membantu kerja enzim yang penting untuk perangsangan saraf. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan kurangnya kecerdasan. Bagi anak yang kekurangan zat besi, dengan menambah zat besi perbaikan yang didapat yakni peningkatan IQ, perbaikan prilaku, dan konsentrasi anak. Moms, zat besi terkandung dalam kulit kentang, kacang-kacangan, daging, sayur seperti daun ubi (daun singkong), dan masih banyak lagi.

Sedangkan yodium, jika anak kekurangan yodium maka hal ini berpengaruh pada rendahnya kecerdasan. Moms, makanan sumber yodium bisa didapat di salmon, tuna, kerang, cod, herring, garam beryodium, kelp, rumput laut, susu.

Nah itu dia moms, tips seputar nutrisi dari author untuk membantu perkembangan otak anak. Jangan lupa, selain diberi makan penuh nutrisi, mom juga harus mengajak anak belajar. Jangan sampai anak menjadi malas belajar.

Jika moms punya saran lain, boleh dong komen dibawah. Thank you.

Ciao..

REFERENSI:

https://health.detik.com/hidup-sehat-detikhealth/d-2266262/otak-lebih-tajam-dengan-5-nutrisi-ini

https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/berbagai-macam-vitamin-untuk-otak/

https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/tips-melawan-rasa-malas/

https://lifestyle.kompas.com/read/2013/05/02/10410925/Inilah.13.Nutrisi.Penting.untuk.Cerdaskan.Anak