Assalamualaikum Readers…

Kali ini author mau share seputar diabetes. Sebulan lalu author sempat dibuat ketar-ketir karena gula darah ayah yang tiba-tiba naik. Jadi sebenarnya kami sekeluarga tidak memiliki riwayat diabetes. Nah tiba-tiba ayah merasa lemas dan sering ke kamar mandi. Lalu akhirnya ayah memutuskan untuk check up ke dokter.  Setelah dicek, ternyata gula darah ayah naik mencapai 400 mg/dl sekian.

It is supposed to be dangerous, isn’t it? Mengetahui hal ini, ayah langsung stop makan nasi.  Mulai makan rebis-rebusan, minum air putih, gak konsumsi gula. Author langsung browsing apa bahanya jika gula darah naik smpai di angka 400. Ternyata jika penderita diabetes kadar gula darahnya mencapai 400, bisa menyebabkan koma.

Terlebih lagi, readers, diabet juga akan mengakibatkan penyakit lainnya. Seperti kencing manis, karena gula darah naik, maka air seni juga terpengaruh jadi manis. Selain itu, penderita diabetes juga beresiko menderita stroke  sebab terjaadinya pendarahan atau penumpukan plak pada pembuluh darah otak akibat gula darah tinggi (hiperglikemia). Sedang penyakit lainnya seperti kardiovaskuler, retinopati, dan kanker juga beresiko.

Waah, berarti bahaya banget dong readers. So, author mau mengingatkan readers untuk benar-benar menjaga kesehatan, bukan hanya agar terhindar dari diabetes namun penyakit lain. Sebelum kita bahas penanganan, kita kenali dulu yuk readers faktor-faktor penyebab diabetes.

Faktor yang pertama adalah faktor keturunan. Selain keturunan kebiasaan merokok juga mengambil peran sebagai penyebab diabetes.  Obesitas juga dapat menjadi faktor dibetes. Faktor lainnya yakni pola makan tidak sehat, seperti mengonsumsi makanan yang megandung gula dan rendah serat. Malas berolahraga dan menderita hipertensi juga menjadi resiko terkena diabetes.

Bagi readers yang masih sehat wal-afiat, readers harus perhatikan faktor-faktor di atas dan hindari. Namun jika memang sudah terkena diabetes, readers harus benar—benar harus mengatasinya dengan mengubah pola hidup.

Apa saja yang harus dilakukan untuk merawat tubuh yang sudah terkena diabetes? Pertama readers harus  makan makanan sehat. sebaiknya readers mulai memakan makanan yang terbuat dari biji-bijian, nasi merah, kentang panggang, oatmeal, roti, sereal. Kalau bisa, mulailah memasak makanan dengan dikukus, direbus, dan bisa juga dipanggang. Dengan melakukan pola ini, readers bisa menjaga kadar gula darah tetap normal, dan mencegah penyakit jantung.

Selanjutnya berolahraga secara teratur. Dengan olahraga teratur, readers bisa menjaga menjaga berat badan turun. Selain itu, insulin bisa lebih mudah menurunkan gula darah, membantu jantung dan paru-paru bekerja lebih baik. Berolahraga juga dapat menambah energi.

Nah itu dia sharing author, dengan mengubah pola makan dan berolah raga serta beristirahat cukup. Satu lagi, jangan lupa untuk bahagia dan mensyukuri hidup, aka. jangan stress. Hehehe.

Referensi:

https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/diabetes-kencing-manis/7-penyakit-yang-biasanya-menyerang-penderita-diabetes/

https://www.cermati.com/artikel/gejala-diabetes-ciri-ciri-diabetes-penyebab-diabetes-serta-penanganan-penyakit-diabetes-yang-perlu-kamu-tahu

https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/diabetes-kencing-manis/cara-mengatasi-diabetes