Assalamualaikum Sobat Readers. Jumpa lagi dengan author dalam tulisan “Blog dan money”. Kenapa author buat tulisan tentang dua hal ini? Pertama uang merupakan hal yang tidak terpisahkan dari kehidupan. Kedua, menulis merupakan hobi, yang mana hobi merupakan bagian dari kehidupan juga. Dan readers sudah tahu? Kita bisa gain money dari tulisan. Buat readers yang hobi nulis, pasti banyak banget yang sudah menuangkan ide tulisan ke blog.

Blog merupakan salah satu sarana untuk menuliskan ide-ide kita. Kadang bahkan blog merupakan curahan hati pemiliknya. Misal, ada yang lagi sedih, lalu menulis cerita sedih di blog. Ada yang baru selesai jalan-jalan, lalu menuliskan cerita perjalanan serunya di blog. Jika banyak orang yang mengakses blog readers, atau banyak pengunjung yang baca blog readers, ini merupakan salah satu cara untuk memperoleh uang nih.

Pertanyaan mendasar pasti “bagaimana caranya?”, nah author akan share caranya readers. Kebetulan author kemarin sempat menghadiri seminar “How to Monetize Your Blog” yang diadakan oleh Viva x Geniee. Sabar dulu readers, sebelum kita ke pembahasan, cara memperoleh uangnya, kita harus persiapkan semua dari blognya terlebih dahulu.

Apa saja hal yang diperlukan oleh blog kita agar menjadi tulisan yang bagus dan banyak diakses publik? Ini dia tips nya, dari Mba Maya Sofia (Editor viva.co.id).

  1. Membaca Buku

Dengan membaca buku, readers lebih banyak kosa kata. Tulisan readers juga lebih bisa mengalir karena readers sudah sering membaca tulisan orang. Ini akan mempegaruhi pola pikir kita juga. Author pernah, pada saat mau mulai menulis tetapi kebingungan, bagamana cara menyambung ide satu dengan ide lainnya. Tetapi kalau kita banyak membaca, percaya deh pasti luwes banget saat menulis.

  1. Original dan Jujur

Tips yang ke dua adalah original dan jujur, maksudnya tulisan sobat tidak boleh plagiat. Nah sobat juga harus jujur, karena tulisan yang jujur lebih dipercaya oleh pembaca. Misalkan dalam mereview produk, jika si penulis menggunakan langsung produk tersebut dan membuat review, pasti akan terasa bereda informasi yang di dapat dari pada hanya penulis yang diberi barang tanpa menggunakan barang tersebut. Itulah mengapa kita harus jujur dalam menulis, agar pembaca percaya pada kita.

  1. 5W + H

Nah ini nih sobat readers, yang perlu diperhatikan kaidah penulisan. Jangan lupa, 5W 1H itu penting. Kenapa? Karena tulisan kamu harus memuat unsu-unsur tersebut. Apa yang mau diceritakan, cerita siapa, kapan waktunya, bagaimana ceritanya, bagaimaa mendapatkannya, bagaimana caranya, dn lain-lain. Jadi informasi yang disampaikan juga jelas.

  1. Panca Indra

Sahabat readers, komponen lain yakni panca indra. Dalam menulis, readers harus bisa maksimalkan panca indra. Misalkan mata, apa saja yang readers lihat, readers tuangkan dalam tulisan. Contoh lain indra perasa, misalkan readers mau menulis tentang citarasa masakan nusantara, indra perasa harus dimaksimalkan. Readers ceritakan bagaimana kelezatannya, bumbu apa saja yang terasa oleh lidah, kurang lebih harus detail. Detai inilah yang menjadikan tulisan lebih berwarna apalagi diramu dengan diksi yang mantap akibat dari banyak membaca. Top deh pasti tulisan readers banjir pengunjung.

  1. EYD

Selain aspek-aspek di atas, readers harus perhatikan EYD juga. Jangan sampai keasyikan menulis, tulisan kita terlalu terbawa suasana Bahasa lisan. Nah jadi tidak baku, bukan. Readers harus tetap mengolah tulisan semenarik mungkin dengan tetap memperhatikan EYD. Kalau readers ragu, readers bisa cek apakah kosakata yang digunaka baku atau tidak di http://kbbi.kemdikbud.go.id/.

  1. Copyright

Readers janga lupa poin “menulis dengan jujur”. Nah, jangan sampai kita plagiasi tulisan orang lain ya. Atau kalau mau mengutip, jangan lupa sertakan sumber aslinya. Biasanya kalau readers mau ambil foto-foto gratis, readers bisa akses penyedia jasa gratis seperti Pixabay, Pixels, dan lain-lain.

Nah setelah aspek untuk tulisan terpenuhi, readers sekarang bisa maksimalkan SEO atau Search Engine Optimization. Untuk SEO, maksudnya readers memaksimalkan tampilan blog readers nih. Yuk kita bahas satu persatu yuk. Oia Readers, ini tips dari ka Febi Fristian nih guys

  1. Content

Yang pertama yag harus dimaksimalkan adalag konten. Sebagaimana yang sudah dijelaskan di atas. Namun ternyata ada aspek lain yang harus diperhatikan dari konten tulisan kita. Pertama pastikan konten sesuai kategori. Misalnya kategori travelling, tetapi isi tulisan malah membahas mobil. Kan tidak nyambung jadinya.

Selain itu, pilihlah konten yang unik. Konten unik artinya bagus untuk SEO. Dari segi banyaknya kata, 1000 sampai 2000 kata itu merupakan konten yang ditujukan untuk SEO. Jadi tulislah yang agak panjang ya readers. Kalau untuk tema review, buatlah dengan konten berisi 2000 sampai 2500 kata.

  1. Shorter URLs

Untuk mengoptimalkan blog kita, ternyata perlu juga diperhatikan url atau link nih sobat readers. Yang pertama, semakin pendek URL kita, maka kesempatannya semakin tinggi untuk mendapatkan tempat di page 1 google.

  1. Keyword

Selain itu, buatlah tulisan yang sesua trend. Kalau readers mau mengecek, readers bisa gunakan Google Trends. Aplikasi untuk mencari artikel atau berita yang lagi trend ada Keyword Tool, Semrush, Google Keyword Planner. Jadi readers tinggal ketikkan kata kunci dan cek berita apa yang legi trend.

  1. Content Distribution

Setelah readers selesai menulis, konten tersebut bisa didistribusikan secara online. Lalu lihat performa setelah 3 bulan di Google Analytics.

Untuk tools nya ada beberapa nih readers, yang bisa digunakan untuk content distribution. Ada Blogspot, WordPress, Jomla, dan lain-lain. Kalau e-book, ada Flipboard, wah ini buat yang rajin nih ya, buat buku hehe.

Ada podcast juga juga readers, contohnya Souncloud, Spotify, dan lain-lain. Lalu kalau untuk video, bisa diupload di YouTube, Vimeo, Vidio, dan lain-lain. Kalau untuk SocMed Post, tidak lain dan tidak bukan, ya ng paling akrab dengan kita, ada Facebook, Instagram, Twitter, dan lain-lain.

Nah, sahabat Readers, kalau SEO sudah terpenuhi, maka blog tau konten readers sudah siap untuk menduduki page pertama nih. Apalagi kalau sudah banyak banget pengunjungnya. Readers bisa daftarkan blog readers AdSense, atau iklan gitu kurang lebih. Jadi readers akan dapat income dari sini. Selain Google AdSense (https://www.google.com/adsense) atau GenieeSSP (https://admin.genieessp.com/app).

Kedua situs ini bisa juga digunakan untuk website Consultacy, content niche, Policy Consultation, Pribate Market Place (PMP). Kalau penjelasan tentang Google AdSense dan GenieeSSP, disampaikan oleh Ka Yudha Satrya. Pokoknya happy banget guys, setelah author mengikuti acara kemarin, rasanya pengen langsung daftar Google AdSense, tapi pengunjungnya belum banyak nih hihi.

Ayo dong, bantu share tulisan auathor ya biar makin bayak yang main-main ke blog author hihi. Ntar kita saling kunjung deh…

Oia ini ada foto saat acara berlangsung. Check these out guys.

IMG-20181118-WA0005

IMG-20181118-WA0003

Advertisements